Peringati HUT Kabupaten Pasaman Ke-72, 1300 Orang Ikuti Lomba Maraton

Lomba maraton dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Pasaman
Lomba maraton dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Pasaman (Ist)

PASAMAN , KLIKPOSITIF - Sebanyak 1300 orang peserta lomba lari maraton 5 Kilometer tingkat pelajar bertanding, Senin 2 Oktober 2017. Kegiatan lomba yang dikemas dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun ( HUT ) Kabupaten Pasaman ke 72 tahun 2017 itu berlangsung meriah.

Rencanya, Bupati Pasaman Yusuf Lubis bersama Wakilnya Atos Pratama yang langsung melepas secara resmi lomba tersebut yang dipusatkan di halaman kantor bupati setempat. Kegiatan lomba ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.

baca juga: Seorang PDP di Pasaman Dimakamkan dengan Protap COVID-19

"Kegiatan ini tiap tahun kita laksanakan, terutama dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Pasaman " ujar Bupati Yusuf Lubis.

Kegiatan ini juga sekaligus dalam rangka mencari bibit-bibit atau atlet-atlet berprestasi. Dengan lomba tersebut, pihaknya bisa mengukur, dan menilai kemampuan, serta stamina dari atlet tersebut.

baca juga: Polisi Amankan 91,5 Kilogram Ganja di Pasaman, Dua Pelaku Kabur ke Hutan

" Kita Yusuf Lubis mengucapkan terimakasih atas perhatian dari para peserta lomba lari 5 Kilometer, dan lari 1 Kilometer untuk umum. Para peserta sangat antusias mengikutinya" ujar Yusuf.

Sementara itu, Wakil Bupati, Atos Pratama mengharapkan melalui kegiatan lomba lari ini akan tumbuh jiwa pejuang, berlomba dan bersaing secara sehat dengan mengutamakan jiwa sportifitas.

baca juga: Akui Kesalahan, Anggota DPRD Pasaman Minta Maaf

Atos juga mengingatkan kembali semboyan olahraga “Di dalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat” ujarnya.

Untuk peserta lari 5 Kilometer, diikuti oleh kalangan pelajar mulai dati tingkat SD, SLTP, dan SLTA se- Pasaman . Dan lomba lari 10 Kilometer diikuti untuk umum.

baca juga: Langgar PSBB dan Maki-maki Petugas di Agam, Kader Gerindra Pasaman Diberi Peringatan

"Bagi peserta lari 5 Kilometer, mereka akan mengikuti rute mulai di halaman Kantor Bupati, melintasi jalan Jendral Sudirman, Simpang Teluk Ambun Nagari Pauah, Bay Pass, Kampung Paraweh, dan finish di depan rumah bapak Bupati" Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pasaman , Ricky Riswandi.

Kemudian, untuk peserta umum lari 10 Kilometer, mereka melintasi Jalan Jendral Sudirman, Jalan Hamka, Simpang Bakti Ibu menuju Bay Pass, Simpang Tiga Sawah Panjang, jalan Adammalik, dan finish di depan rumah dinas Bupati Pasaman .

Bagi para pemenang lari, panitia akan memberikan trophy dan uang pembinaan. Untuk lari 5 Kilometer, juaranya yang diambil adalah juara I sampai 5. Dan lari 10 Kilometer dengan peserta umum, juara yang diambil adalah juara 1 sampai 10.

[Man St Pambangun]

Penulis: Webtorial