Komitmen Build Change Sejak 2004 Kepada Pembangunan Rumah Aman Gempa

"Peran Build Change dalam kaitannya dengan pembangunan rumah aman gempa telah dilakukan sejak 2004, tidak hanya di Indonesia namun juga mancanegara, seperti Phililippines, Nicaragua, Haiti, dan Nepal"
Proyek BBM sejak 2015 Build Change memberikan advokasi, pelatihan dan pendampingan kepada para pemangku kepentingan agar mutu batu-bata dalam pembangunan rumah perlu diperhatikan dengan baik (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Build Change merupakan lembaga nirlaba yang peduli dan mempunyai fokus kepada pembangunan bangunan aman gempa, utamanya rumah sebagai tempat tinggal dan sekolah, disamping memberikan pembinaan kepada masyarakat untuk membantu menciptakan bangunan aman gempa, terus berkomitmen meningkatkan pengetahuan masyarakat di Indonesia terutama yang tinggal di wilayah rawan gempa, seperti Sumatera Barat dan sekitarnya.

Peran Build Change dalam kaitannya dengan pembangunan rumah aman gempa telah dilakukan sejak 2004, tidak hanya di Indonesia namun juga mancanegara, seperti Phililippines, Nicaragua, Haiti, dan Nepal. Tercatat di Indonesia hingga 2016 Build Change telah membantu sebanyak 19,531 bangunan menjadi lebih aman dari resiko dampak negatif gempa, sehingga 97.655 orang dapat tinggal lebih aman yang lebih nyaman di tempat tinggal masing-masing.

Disamping juga telah melakukan pelatihan setidaknya kepada 15.146 Orang terkait dengan pembangunan rumah aman gempa, hingga menciptakan 2,634 lapangan kerja.

Khusus untuk Sumetera Barat, terutama di Kabupaten padang Pariaman, sejak 2015 dan direncankan hingga 2019 Build Change tengah fokus pada pembinaan kepada pengrajin batu-bata untuk dapat secara konsisten memproduksi batu bata berkualitas sesuai SNI (Standar Nasional Indonesia), utamanya bata dengan nilai Kuat Tekan lebih dari 5 MPa (Mega Pascal).

"Hal ini kami lakukan agar pembangunan rumah aman gempa tidak hanya didasarkan pada cara pembangunan rumah, namun dimulai dari mutu material bangunan yang digunakan hingga komposisi atau tata letak dari bangunan itu sendiri," seperti disampaikan Nura Dirgantara, selaku Project Manager-BBM (Bata Berkualitas ... Baca halaman selanjutnya