Germas Pemkab Pasaman Diapresiasi BPJS

"Pola hidup sehat menjadi sangat penting untuk ditanamkan sejak dini"
Foto bersama beberapa masyarakat Pasaman dalam pelaksaan Germas yang dicanangkan oleh Pemkab Pasaman (Istimewa)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Pencanangan rogram pemerintah Kabupaten Pasaman, yakni Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) diapresiasi oleh Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Pasaman.

"Pola hidup sehat menjadi sangat penting untuk ditanamkan sejak dini, karena kesehatan merupakan salah satu pilar penting untuk kemajuan suatu bangsa" kata Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Pasaman, Syafruddin pada KLIKPOSITIF, Selasa 12 September 2017.

Menurut Syafruddin, BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) siap mengawal dan menyukseskan gerakan tersebut. 

Terlebih, konsep Germas sejalan dengan implementasi program promotif, preventif yang senantiasa digalakkan BPJS Kesehatan untuk menekan jumlah penderita penyakit katastropik di Indonesia.

Dijelaskan Syafruddin, penyakit katastropik cenderung muncul akibat faktor kebiasaan perilaku hidup tidak sehat, seperti merokok, makanan tidak sehat, kurang olahraga, dan sebagainya. Jika dibiarkan, hal ini dapat membawa dampak kurang baik bagi kualitas kesehatan penduduk Indonesia maupun keberlangsungan program JKN-KIS.

Maka dari itu, melalui program promotif preventif, BPJS Kesehatan berupaya menjaga masyarakat yang sehat tetap sehat. Sementara bagi masyarakat yang berisiko menderita penyakit katastropik, seperti diabetes melitus dan hypertensi, dapat mengelola risiko tersebut melalui Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang juga merupakan bagian dari upaya promotif preventif BPJS Kesehatan.

Berbagai program dilakukan oleh BPJS Kesehatan, bekerjasama dengan fasilitas kesehatan mitra kerja khususnya fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) seperti deteksi dini kanker serviks melalui pemeriksaan IVA dan Papsmear, optimalisasi program pengelolaan penyakit kronis (Prolanis), olah raga bersama seperti senam, lari, atau bersepeda yang bekerjasama dengan pemerintah daerah maupun lembaga ... Baca halaman selanjutnya