Pemko Solok Jamin Kemudahan Pengurusan Izin Usaha bagi Pelaku UMKM  

Wawako Solok, Reinier saat menyampaikan pesan untuk pelaku UMKM di Kota Solok dalam kegiatan Sosialisasi Fasilitasi Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK)
Wawako Solok, Reinier saat menyampaikan pesan untuk pelaku UMKM di Kota Solok dalam kegiatan Sosialisasi Fasilitasi Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF – Pemerintah Kota (Pemko) Solok menyadari bahwa pemberdayaan bagi para pelaku Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah melalui kemudahan dalam pengurusan perizinan usaha, serta memperdekat akses pelayanan terpadu satu pintu bagi mereka.

"Memang tak dapat dipungkiri, untuk mendorong pertumbuhan dan gerak ekonomi daerah, sangat dibutuhkan pemberdayaan dan pengembangan terhadap para pelaku usaha UMKM di Kota Solok," ujar Wakil Wali Kota (Wawako) Solok, Reinier.

Karena itu, kata Reinier, setiap pelaku UMKM mesti mengantongi izin usaha, karena banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan adanya Izin usaha.

Baca Juga

Terutama, dengan adanya izin usaha Mikro Kecil (IUMK), secara tidak lansung memberikan legalitas secara hukum dalam rangka memperkuat dan mengembangkan usahanya, serta mendapatkan kepastian dan perlindungan dalam berusaha.

“Bagaimanapun, Pemko Solok berupaya memfasilitasi perkembangan dan kemajuan UMKM, salah satunya dengan mempermudah perizinan bagi pelaku UMKM,” ujar Reinier saat membuka Sosialisasi Fasilitasi Izin Usaha Mikro Menengah di Aula Dinas Perdagangan dan Koperasi serta UKM Kota Solok, Senin 11 September 2017.

Di sisi lain, dengan adanya IUMK, para pelaku UMKM di Kota Solok juga akan sangat dimudahkan dalam mengakses sumber pembiayaan atau permodalan ke lembaga keuangan bank dan non-bank.

“Termasuk kemudahan dalam hal pemberdayaan dari pemerintah pusat, Pemerintah daerah dan lembaga lainnya, bisa saja dalam bentuk bantuan, pelatihan serta lainnya. Makanya UMKM harus mengantongi izin,” tegas Reinier.

Pada kesempatan itu, Wawako Solok juga memberikan apresiasi bagi Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM kota Solok yang telah berinisiatif dalam memberikan pemahaman bagi para pelaku UMKM dalam hal mekanisme dan perizinan usaha.

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut, Kepala Bidang pemberdayaan UKM Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat, Nasrinal, Kepala Dinas Perkop UKM Kota Solok Dedi Asmar dan puluhan pelaku UMKM di Kota Beras Serambi Madinah.

Dalam mengejar berbagai ketertinggalan UMKM Kota Solok dibanding daerah lain, Reinier meminta para pelaku UMKM Kota Solok untuk terus berbenah, berinovasi dan berkreasi sehingga mampu menghasilkan produk yang berkualitas dan berdaya saing.

“Pemko Solok tidak hanya akan berpangku tangan, namun akan terus berupaya mendorong kemajuan dan kemandirian Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Solok. agar kesejahteraan masyarakat bisa terus meningkat,” tutup Reinier.

[Syafriadi]

Editor: Webtorial