Pacu Geliat UMKM, Pemko dan Dekranasda Kota Solok Jalin kerjasama dengan Kementerian KUKM

Walikota Solok H. Zul Elfian bersama ketua Dekranasda Kota Solok Ny. Zulmiyetti Zul Elfian saat berbincang dengan Kabid Usaha Dekranas, Bintang Puspayoga.
Walikota Solok H. Zul Elfian bersama ketua Dekranasda Kota Solok Ny. Zulmiyetti Zul Elfian saat berbincang dengan Kabid Usaha Dekranas, Bintang Puspayoga. (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Geliat Usaha Mokro Kecil Menengah (UMKM) menjadi salah satu indikator bergairahnya perekonomian masyarakat. Untuk membangkitkan sektor ini, terutama yang bergerak di bidang kerajinan, Kementrian Koperasi dan UMKM menjalin sinergisitas dengan sejumlah pihak.

Salah satunya dengan pihak Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Daerah Kota dan Kabupaten Solok. Hal itu terungkap dalam kunjungan Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas pusat, Bintang Puspayoga di Panyakalan, Kabupaten Solok, Rabu 6 September 2017.

Menurut Wali Kota (Wako) Solok Zul Elfian, kegiatan sinergisitas Kementrian koperasi dan UKM Republik Indonesia bertujuan untuk meningkatkan tata kelola organisasi, serta peningkatan mutu produk yang dihasilkan agar mampu bersaing di pasaran.

“Terutama peningkatan di bidang manajemen pengelolaan usaha, agar kualitas dan kuantitas produk kerajinan yang dihasilkan di Kota dan Kabupaten Solok dapat memenuhi permintaan pasar,” ungkap Zul Elfian.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Deputi Bidang Restrukturisasi Kementrian Koperasi UMKM Abdul Kadir Damanik, Bupati Solok H. Gusmal Dt. Rajo Lelo, Ketua Dekranasda Provinsi Ny. Hj. Nevy Irwan Prayitno, Ketua Dekranasda Kota Ny. Zulmiyetti Zul Elfian dan Kabupaten Solok Ny. Desna Defi Gusmal serta pimpinan OPD dua daerah.

Dijelaskan oleh Wako, sinergisitas dengan pihak kementrian KUKM dengan Kota Solok diwujudkan dengan sejumlah kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas pelaku UMKM yang dipusatkan di sejumlah tempat.

Di antaranya, pelatihan perkoperasian yang diikuti oleh lebih kurang 30 orang. Pesertanya termasuk dari kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Kota Solok, pelatihan ini diadakan di Mami Hotel.

Sementara itu, pelatihan lainnya yakni kegiatan One Village one Produck, lansung dikoordinir oleh pihak Provinsi Sumatera Barat. pelatihan ini juga turut diikuti oleh 10 orang pengusaha UKM Kota Solok dan 2 orang dari Disdag KUMKM. Serta pelatihan Kewirausahaan yang turut diikuti 20 orang pelaku UMKM kota Solok di Hotel Taufina.

Wako sangat berharap, dengan adanya sinergisitas nyata antara pihak Kementrian Koperasi dan UMKM RI dengan Dekranas Kota dan Kabupaten Solok akan semakin memacu geliat UMKM yang ada di wilayah Solok.

“Mari manfaatkan kesempatan ini untuk terus menggali potensi, serta mengembangkan UMKM di Kota Solok sehingga terwujud produk-produk andalan dan khas Kota Solok yang berkualitas kedepannya,” tutup Zul Elfian.

Sementara itu, Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas pusat, Bintang Puspayoga mengatakan pemerintah memiliki peran penting dalam memfasilitasi tumbuh dan berkembangnya Usaha Kecil Menengah melalui berbagai upaya dan kegiatan.

Baca Juga

“Hal ini tidak terlepas dari usaha untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas produk milik UMKM dalam negri serta jejaring pemasaran sehingga mampu bersaing di pasaran,” cetus Bintang Puspayoga.

[Syafriadi]

Editor: Webtorial