DAK Disetujui, Pemkab Padang Pariaman Rencanakan Pembangunan Sentra IKM Kakao

"DAK tersebut terdiri dari dua kegiatan, yakni pengembangan kawasan peruntukan industri di Nagari Kasang dan Pembangunan Sentra IKM Coklat di Malibou Anai."
Ilustrasi coklat (ElinkBaliNews.com)

PADANG PARIAMAN, KLIKPOSITIF - Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian Padang Pariaman, Hendra Aswara mengatakan, perhatian Kementerian Perindustrian sangat tinggi yang terbukti dari usulan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Padang Pariaman yang telah diproses untuk dianggarkan pada APBN 2018.

"Saya senang karena Bapak Menteri mendukung dua usulan DAK dari Padang Pariaman," kata Hendra usai menerima bantaun mesin las untuk 7 Industri Kecil Menengah (IKM) yang dilaksanakan bersamaan dengan wisuda SMK, SMAK dan SMTI Padang di UPI Convention Center.

Pada Tahun 2018, kata Hendra, Kabupaten Padang Pariaman akan mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat.

Ia menyampaikan, DAK tersebut terdiri dari dua kegiatan, yakni pengembangan kawasan peruntukan industri di Nagari Kasang dan Pembangunan Sentra IKM Coklat di Malibou Anai.

"Kedua kegiatan tersebut tahun ini sudah selesai masterplannya" katanya.

Dijelaskannya, untuk Sentra IKM Coklat, telah diajukan usulan DAK sebesar 18 Milyar. Bahkan direncanakan, pembangunan fisik dimulai pada awal Tahun 2018 mendatang. Sentra IKM Coklat seluas 5 hektar itu nantinya sebagai kawasan terpadu tanaman coklat sebagai kebun percontohan, pengolahan, kemasan dan pemasaran.

Jadi wisawatan pecinta coklat bisa melihat langsung proses penanaman hingga membeli produk coklat sambil menikmati kesejukan alam Malibou.

"Sentra IKM coklat ini akan menjadi satu-satunya di Sumbar yang lokasinya sangat strategis yakni di pinggir jalan Nasional Padang - Bukittinggi, serta kawasan rest area Malibou Anai. Kita optimis daerah ini akan menjadi destinasi wisata unggulan ranah minang kedepannya," kata lagi.

Di saat pengembangan Kawasan Industri Padang Pariaman yang berada berdekatan dengan Padang Industrial Park, saat ini sedang pendataan sertifikat lahan oleh perangkat nagari dan korong. Kawasan industri seluas 70 hektar tersebut ... Baca halaman selanjutnya