Pemkab Padang Pariaman Akan Hadirkan Program Papa Tangkas Gada 119

"Program itu merupakan singkatan dari Padang Pariaman Tanggap Kasus Gawat Darurat, sedangkan angka 119 merupakan nomor telepon sentral yang dapat diakses masyarakat"
Kadis Dinas Kesehatan Aspinuddin saat memaparkan programnya di Hadapan Bupati Ali Mukhni serta Muspida di Hall Parik Malintang Padang Pariaman. (Istimewa)

PADANG PARIAMAN, KLIKPOSITIF - Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman untuk akan luncurkan Program  Papa Tangkas Gada 119 yang merupakan  layanan penanganan medis bagi korban kasus gawat darurat. Program itu merupakan singkatan dari Padang Pariaman Tanggap Kasus Gawat Darurat, sedangkan angka 119 merupakan nomor telepon sentral yang dapat diakses masyarakat untuk memperoleh layanan penanganan medis bagi korban kasus gawat-darurat.

"Sekitar 70 persen peristiwa kematian dalam kasus gawat-darurat disebabkan oleh keterlambatan penanganan medis. Hal inilah yang menjadi perhatian khusus oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman sehingga meluncurkan program tersebut," kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Padang Pariama, Aspinuddin di ruang kerjanya.

Konsep Papa Sehat, sebut dia, antara lain berupa kunjungan bidan desa ke rumah-rumah masyarakat setiap hari, dijadikan Menkes sebagai model atau contoh secara nasional. Tidak sekadar berkunjung, bidan pun menanyakan keluhan penyakit kepada masyarakat. Jika ada, langsung melakukan penanganan medis. Kalau tidak memungkinkan, dirujuk ke puskesmas atau rumah sakit. Kalau warga itu miskin, difasilitasi biayanya melalui Badan Amil Zakat Kabupaten.

“Dengan program ini yang telah berjalan sejak bulan Februari 2015, angka kematian ibu melahirkan dan angka kesakitan masyarakat menurun secara drastis mulai tahun 2015 hingga sekarang,” kata Aspinuddin. 

Selanjutnya, Dinkes menerapkan aplikasi pendaftaran secara online bagi masyarakat yang hendak berobat ke puskesmas. Dengan demikian, masyarakat cukup mendaftar dari rumah melalui ponsel dan tidak perlu antri menunggu. “Aplikasi ini memungkinkan Pak Bupati dan kami bisa memantau perkembangan layanan di semua Puskesmas guna mencarikan solusi jika ada permasalahann

“Saat ini kami sedang mempersiapkan sarana dan prasana, perangkat teknis serta sumber daya manusia yang akan menangani ... Baca halaman selanjutnya