Ratusan WBP Kota Solok Mendapatkan Remisi pada HUT RI Ke-72

"pemerintah memberikan remisi atau pengurangan masa tahanan bagi WBP yang telah menunjukkan prestasi dedikasi dan disiplin tinggi dalam mengikuti program pembinaan dengan baik"
Walikota Solok menyerahkan remisi kepada salah seorang Warga binaan Lapas kelas II B Solok (Istimewa)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Usai upacara peringatan HUT RI ke-72, Wali Kota (Wako) Solok Zul Elfian turut berbagi kebahagiaan dengan segenap Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) yang ada di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Solok.

Pada kesempatan itu, ada sekitar 162 WBP yang mendapat kado remisi atau pemotongan masa tahanan. Remisi yang diberikan bervariasi, mulai dari 1 hingga 6 bulan.

Menurut Wako Solok, dalam pidato kenegaraan Kemenkumham RI dihadapan ratusan WBP, Pemasyarakatan merupakan sarana membangun Negara dan pembangunan karakter. Negara bertanggungjawab untuk membentuk dan membina masyarakatnya.

"Salah satu sasarannya adalah agar WBP dan keluarga agar mampu melakukan self propelling adjusment atau kemampuan menyesuaikan diri untuk kembali ketengah masyarakat serta ikut berperan aktif dalam pembanguan," ungkap Zul Elfian, Kamis 17 Agustus 2017.

Sesuai dengan tema upacara pemberian remisi "Melalui remisi, kita berintegrasi dengan seni", Pembinaan seni kepada WBP merupakan upaya melembutkan jiwa, melembutkan rasa sehingga perasaan yang mengarah kepada kriminalitas dapat ditekan.

Sehingga pada akhirnya, saat kembali ke tengah masyarakat, WBP lebih mampu memaknai hidup secara holistik dan kembali berintegrasi secara sehat dengan masyarakat. Implementasi dari cita cita kemerdekaan merupakan tanggungjawab dari segenap masyarakat untuk bekerjasama dan sama sama bekerja tanpa terkecuali termasuk WBP.

Terkait dengan itu, pemerintah memberikan remisi atau pengurangan masa tahanan bagi WBP yang telah menunjukkan prestasi dedikasi dan disiplin tinggi dalam mengikuti program pembinaan dengan baik, serta telah memenuhi syarat yang ditentukan.

"Secara psikologis, ... Baca halaman selanjutnya