Polres Solok Kota Bangun Kamtibmas Berbasis Partisipasi Masyarakat

"Mewujudkan keamanan dan ketertiban lingkungan bukan saja menjadi tugas dan tanggungjawab pihak kepolisian semata, tetapi merupakan tanggungjawab bersama"
Wakil Walikota Solok Reinier yang juga ketua BNK memasangkan jaket tanda dikukuhkannya tim Penggerak Kampung Bersih Narkoba. (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Sejumlah terobosan terus dilakukan pihak Kepolisian terutama di Kota Solok dalam upaya peningkatan keamanan dan ketertiban berbasis partisipasi masyarakat. Salah satunya dengan menjalin kemitraan dengan forum masyarakat, tokoh adat bahkan dengan Da’i atau Mubalig.

Seperti yang dilakukan Polres Solok Kota, dengan menjalin kemitraan dengan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota dan Kabupaten Solok, Forum Kemitraan polisi dan masyarakat (FKPM), Dubalang Parik Paga Nagari, Penggerak Kampung Bersih Narkoba dan Da’i Kamtibmas.

Pengukuhan kerjasama dengan forum masyarakat dan pendatanganan MoU dengan Pihak LKAAM Kota dan Kabupaten Solok tersebut terungkap saat kunjungan kerja pertama Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol. Fakhrizal beserta jajaran ke Mapolres Solok Kota, Kamis 10 Agustus 2017.

Dalam kunjungan resmi orang nomor satu di Mapolda Sumbar tersebut, turut dihadiri Walikota Solok Zul Elfian, Wakil Walikota Solok Reinier, Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin, Dandim 0309 Solok Letkol Inf. Irwan Harjatmono dan lainnya.

Kapolda Sumbar, Irjen Fakhrizal sangat mengapresiasi dengan tingginya animo masyarakat Kota dan Kabupaten Solok dalam membantu tugas kepolisian terutama mewujudkan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.

“Mewujudkan keamanan dan ketertiban lingkungan bukan saja menjadi tugas dan tanggungjawab pihak kepolisian semata, tetapi merupakan tanggungjawab bersama. Banyak peran yang bisa dilakukan masyarakat dalam membantu mewujudkan hal tersebut,” Ungkap Kapolda Irjen Pol Fakhrizal.

Menurut Kapolres Solok Kota AKBP Doni Setiawan, Forum partisipasi masyarakat itu sendiri merupakan ... Baca halaman selanjutnya