Bapenda: Kesadaran Bayar Pajak WP Kota Padang Masih Rendah

"Kami saat ini menggencarkan anggota Bapenda Padang untuk pergi langsung melakukan pemungutan pajak pada setiap objek pajak, disebabkan masih rendahnya kesadaran WP dalam membayar pajak"
Ilustrasi (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kesadaran Wajib Pajak (WP) Kota Padang terhadap kepatuhan dan kejujuran membayar pajak daerah masih sangatlah rendah. Hal itu menyebabkan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Padang tidak bisa lagi tinggal diam dalam menunggu WP dalam membayar kewajiban mereka.

"Kami saat ini menggencarkan anggota Bapenda Padang untuk pergi langsung melakukan pemungutan pajak pada setiap objek pajak, disebabkan masih rendahnya kesadaran WP. Jika tidak dilakukan, ditakutkan target kita Padang tidak akan tercapai," ujar Kepala Bapenda Padang, Adib Alfikri pada KLIKPOSITIF.

Ia mengatakan, strategi Bapenda Padang tidak lagi sama seperti dulu. Berbagai program dan kegiatan untuk langsung menemui wajib pajak diadakan oleh Bapenda Padang dalam mencapai target pajak daerah 2017 yakni Rp334,5 Milyar.

Di sisi lain, Kabid Penagihan dan Pemeriksaaan Bapenda, Budi Payan mengatakan, saat ini kebanyakan anggota lapangan Bapenda Padang memang jarang berada di kantor karena sibuk melakukan pemungutan pajak ke setiap objek pajak.

Ia juga menjelaskan, target realisasi penerimaan pajak daerah pada triwulan III adalah 75 persen dengan nominal angka Rp224,5 Milyar, sementara itu sampai Agustus pada bulan kedua triwulan III ini yang tercapai baru sedikit.

"Pada triwulan I realisasi penerimaan kita tercapai yakni 20 persen, pada triwulan II realisasi penerimaannya 40 persen dan tercapai juga. Nah, pada triwulan tiga realisasi kita naik 75 persen. Ada target 35 persen yang harus dikejar Bapenda, sementara sampai saat ini yang dicapai masih 9 persen agar mencapai realisasi triwulan III," kata Budi.

Ia mengatakan, rendahnya realisasi memasuki triwulan III dipengaruhi rendahnya kesadaran WP, sehingga Bapenda gencar melakukan pemungutan pajak langsung seperti melaksanakan program uji petik, pemeriksaan hotel, penertiban reklame dan lainnya.

Dalam berbagai kegiatan ke lapangan tersebut, Bapenda Padang masih banyak ... Baca halaman selanjutnya