Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, Pemko Solok Optimalkan Pemanfaatan TIK

"saat ini sudah terdapat lebih kurang 45 aplikasi E-Gov yang sudah dipergunakan di lingkungan pemerintah Kota Solok"
Wawako Solok Reinier minta keseriusan pimpinan dan jajaran OPD dalam menerapkan sistem E-Government (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sudah menjadi kebutuhan mendasar diera globalisasi saat ini, kemudahan yang ditawarkan turut memberikan andil besar dalam mendorong kemajuan industri. Bukan hanya itu, pemanfaatan TIK juga tidak luput dalam sistem tata kelola administrasi pemerintahan atau yang lebih dikenal dengan e-Government (e-Gov).

Dengan sistem Tata kelola pemerintahan berbasis elektronik ini ditargetkan dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat, Pemerintah daerah dengan kalangan dunia usaha serta pemerintah daerah dengan masyarakat secara luas.

"Kita manfaatkan kemajuan teknologi yang ada untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat, sehingga pelayanan menjadi tepat guna dan juga tepat sasaran," ungkap Wakil Wali Kota (Wawako) Solok Reinier saat membuka sosialisasi pengembangan E-Gov di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Solok, Selasa 1 Agustus 2017.

Apalagi dengan pemanfaatan dan pengembangan E-Gov dalam lingkungan Pemko Solok, intinya yakni dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi sistem birokrasi yang selama ini dianggap menjadi mata rantai penghalang antara pemerintah dengan masyarakat.

Hal ini sesuai dengan Instruksi Presiden nomor 3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Goverment. Pemerintahan berbasis elektronik merupakan upaya terstruktur untuk pengembangan pelayanan publik berbasis teknologi Informasi dan komunikasi secara efektif dan efisien.

Dihadapan ratusan peserta yang berasal dari pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sekretaris dan kepala bagian di lingkungan Pemko Solok, Reinier mengimbau agar ... Baca halaman selanjutnya