Silahturrahmi dengan Wartawan, Wako Solok : Pimpinan OPD Jangan Alergi dengan Wartawan

Kabag humas & Protokol Setda Kota Solok Nurzal Agustim mengawali silahturrahmi Wartawan dengan Walikota Solok
Kabag humas & Protokol Setda Kota Solok Nurzal Agustim mengawali silahturrahmi Wartawan dengan Walikota Solok (KLIKPOSITIF/Syafriadi)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Tingginya tingkat kebutuhan masyarakat akan informasi yang akurat dan aktual, menempatkan wartawan pada posisi sentral. Tak dapat dipungkiri, keberadaan wartawan dari berbagai media di daerah, menjadi instrumen penting corong informasi bagi masyarakat maupun bagi pemerintahan.

Di satu sisi, wartawan menjadi perpanjangan tangan pemerintah terkait informasi pembangunan dan pelayanan. Sementara di sisi lain, wartawan juga menjadi mercusuar dalam menyampaikan keluhan serta kritikan masyarakat bagi pemegang kekuasaan. Dua sisi mata uang yang tak dapat dipisahkan.

Peran kuat wartawan disadari betul oleh Pemerintah Kota (Pemko) Solok. Perhatian serius pemerintah daerah yang juga dikenal dengan Kota Beras Serambi Madinah dibuktikan dengan dibangunnya Balai Wartawan Kota Solok. Kehadiran Balai Wartawan diyakini akan mendukung kinerja wartawan untuk ikut dalam pembangunan daerah.

Baca Juga

"Semoga wartawan yang bertugas di Kota Solok tetap eksis menjalankan tugas-tugas profesi jurnalistik sesuai dengan rambu yang telah ada," ungkap Wali Kota (Wako) Solok H. Zul Elfian saat bersilahturrahmi dengan wartawan Kota Solok di Balairung 99, Rabu 12 Juli 2017.

Pada prinsipnya, sebut Zul Elfian, Pemerintah Kota Solok sangat mendukung keberadaan wartawan dalam menjalankan tugas profesinya di Kota Solok. Tanpa keberadaan wartawan, potensi dan program pembangunan kota Solok akan kurang maksimal tersampaikan terhadap masyarakat maupun dunia luar.

Ditegaskannya, Pemko Solok sangat terbuka dengan kritikan yang sifatnya membangun. Sebab tidak ada sesuatu yang sempurna. Pihaknya berupaya berjalan sesuai aturan dan berbuat terbaik bagi masyarakat dan kemajuan Kota Solok yang lebih baik kedepannya.

"Jika ada kesalahan atau yang kurang pas dari kami dalam konteks pembangunan daerah, tolong diingatkan, jika sudah betul tolong juga di suport sehingga berjalan dengan baik," beber Zul Elfian didampingi Kabag Humas Nurzal Agustim.

Zul Elfian juga kembali menegaskan, azas keterbukaan yang diusung dirinya bersama Wakil Walikota Reinirer kepada wartawan dan masyarakat, mestinya juga harus diikuti oleh segenap pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemko Solok, yakni jangan alergi dengan wartawan.

Kesempatan bersilahturrahmi yang diinisiasi bagian Humas dengan kalangan wartawan dimanfaatkan oleh Walikota untuk kembali menyampaikan progres sejumlah pembangunan infrastruktur strategis yang akan dan dalam proses pembangunan di Kota Solok.

Mulai dari pembangunan Gelanggang Olahraga yang sudah lama diimpikan masyarakat Kota Solok, Pembangunan Rumah Sakit Umum daerah milik Kota Solok, pembangunan embung di Kawasan Payo, pembenahan lapangan merdeka yang memiliki nilai historis bagi masyarakat Kota Solok dan banyak pembangunan strategis lainnya.

"Mungkin banyak masyarakat yang bertanya, usai peletakan batu pertama pembangunan GOR dan infrastruktur lainnya, tidak ada kabar kelanjutannya ? Semuanya masih dalam proses. Semoga tahun ini sejumlah fasilitas itu sudah mulai bisa dibangun," jelas Zul Elfian.

Komitmen dan langkah percepatan pembangunan infrastruktur di Kota Solok sendiri tidak lepas dari tujuan untuk mewujudkan Kota Solok menjadi Kota tujuan tahun 2020 mendatang.

[Syafriadi]

Penulis: Webtorial