Sambut Libur Lebaran, Pemko Solok Gelar Pentas Sumarak Anak Nagari

"Tampilan seni dan solo song yang mayoritas disuguhkan oleh sanggar pemenang FL2SN Kota Solok, sontak menarik perhatian masyarakat. "
Wako dan Wawako Solok serta undangan menikmati sajian penampilan Seni Pada Sumarak Anak Nagari (KLIKPOSITIF/Syafriadi)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF-Menyambut Lebaran 1438 Hijriah, Pemerintah Kota (Pemko) solok kembali menggelar Sumarak Anak Nagari untuk kesekian kalinya. Seperti biasanya, pentas kesenian tradisional dan kreasi Minangkabau di Kota Solok ini dipusatkan di Taman Syech Kukut Kota Solok.

Dalam pagelaran yang diikuti oleh sanggar seni dan budaya yang ada di Kota Beras Serambi Madinah ini, menampilkan berbagai seni tradisi, hingga seni kreasi mulai dari tari-tarian, Solo Song Minang, Randai kreasi dan banyak penampilan menarik lainnya.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Wali Kota (Wako) Solok H. Zul Elfian, juga turut dihadiri oleh Wakil Wali Kota (Wawako) Solok Reinier, Ketua TP-PKK Kota Solok Ny. Zulmiyetti Zul Elfian, Ketua GOW Ny. Elfia Reinier serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Tampilan seni dan solo song yang mayoritas disuguhkan oleh sanggar pemenang FL2SN Kota Solok, sontak menarik perhatian masyarakat. Ratusan masyarakat mulai dari anak-anak, hingga orang tua tampak memadati Taman Syech Kukut Kota Solok yang tepat berada di depan Pasar Raya Solok.

Wako Solok H. Zul Elfian, dihadapan ratusan masyarakat mengatakan, Sumarak Anak Nagari merupakan salah satu upaya untuk menjaga dan membangkitkan nilai-nilai tradisi dan budaya yang ada di Kota Solok. Jangan sampai hilang ditelan masa.

"Harus diwariskan kepada generasi muda sejak dini. Kalau bukan sekarang, kapan lagi akan kita tularkan jiwa seni dalam rangka menjaga seni tradisi yang telah diwariskan oleh leluhur terdahulu," ungkap Zul Elfian, Jumat 30 Juni 2017.

Selain itu, sebut Wako, Sumarak Anak Nagari kali ini bertepatan dengan libur Lebaran 1438 Hijriah, dimana para perantau pulang ke ... Baca halaman selanjutnya