Selama Mudik, Peserta BPJS Kesehatan Bisa Berobat Tanpa Rujukan

"pihak BPJS juga mengimbau peserta BPJS agar membawa kartu JKN-KIS atau Kartu Indonesia Sehat saat mudik lebaran"
Kepala BPJS Kesehatan Pasaman, Syafruddin (Istimewa)

PASAMAN, KLIKPOSITIF-Kepala BPJS Kesehatan Pasaman, Syafruddin mengatakan, peserta dari manapun se-Indonesia bisa langsung berobat ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman tanpa harus surat rujukan.

"Dengan demikian, para pemudik bisa merasa nyaman bersama BPJS Kesehatan" kata Syafruddin kepada KLIKPOSITIF, Kamis 22 Juni 2017.

Menurut Syafrudin, pihak BPJS Pasaman sudah menyampaikan kepada seluruh masyarakat melalui stiker dan publikasi melalui media.

"Anggota kita sudah menempelkan ratusan stiker ukuran besar di sepanjang jalan Sudirman Lubuk Sikaping, sehingga masyarakat bisa mengetahui dengan cepat informasi ini," katanya.

Kemudian, pihak BPJS juga mengimbau peserta BPJS agar membawa kartu JKN-KIS atau Kartu Indonesia Sehat saat mudik lebaran.

BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan khusus, terkait prosedur pelayanan selama mudik dengan tujuan memaksimalkan pelayanan. Sehingga peserta mudik lebaran yang menggunakan kartu BPJS kesehatan dijamin akan memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih ringkas.

“Pelayanan ini diberikan sejak tanggal 19 Juni sampai 2 Juli 2017 mendatang" jelasnya.

Peserta BPJS Kesehatan yang sedang mudik bisa berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.

"Untuk prosedur peserta BPJS Kesehatan dapat langsung mengunjungi IGD rumah sakit terdekat yang ditunjuk oleh Kantor Cabang yang mengacu pada prinsip porbalitas yang diemban BPJS Kesehatan," sebut Syafruddin.

Kemudian, pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta BPJS Kesehatan yang berstatus ... Baca halaman selanjutnya