Ternyata Ini Sistem Perpajakan yang Digunakan Bapenda Padang

"Dua jenis sistem perpajakan yang digunakan oleh Bapenda Padang adalah Offiial Assesment System dan Self Assesment"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF- Pajak merupakan suatu kewajiban yang wajib dibayar oleh setiap warga negara yang di Indonesia. Menurut pengertiannya, pajak adalah pungutan wajib yang mana biasanya berupa uang yang harus dibayar oleh penduduk sebagai sumbangan wajib kepada negara atau pemerintah sehubungan dengan pendapatan, pemilikan, harga beli barang, dan daerah.

Pajak daerah memiliki 11 jenis yang mana terdiri dari pajak bumi dan bangunan, pajak hiburan, pajak restoran, pajak parkir, pajak reklame, pajak penerangan dan jalan, pajak mineral bukan logam dan batuan, pajak air tanah, BPHTB, pajak hotel, dan pajak sarang burung walet.

Yang bertugas dalam melakukan terhadap pemungutan pajak daerah adalah Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) atau Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) yang ada di tiap daerah. Di Kota Padang, Bapenda Padang lah yang khusus menangani 11 jenis pajak daerah yang harus dibayarkan oleh wajib pajak daerah Kota Padang.

Untuk sistem pemungutan pajak daerah, Bapenda Padang memakai dua sistem pungutan pajak daerah yaitu:

1. Official Assesment System

Sistem pemungutan pajak, dimana besarnya pajak yang harus dibayar oleh wajib pajak ditentukan oleh fiscus ( petugas pajak ). Dalam sistem ini wajib pajak bersifat pasif, sedang fiscus bersifat aktif. Untuk sistem pajak OFficial Assesment System, Bapenda Padang menerapkan dua jenis pajak ini hanya pada dua jenis pajak daerah yakni Pajak Air Tanah dan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan.

2. Self Assesment System
Sistem pemungutan pajak dimana besarnya pajak yang harus dibayar oleh wajib pajak ditentukan sendiri oleh wajib pajak. Dengan sistem ini wajib pajak harus aktif menghitung, menyetor dan melapor kepada kantor inspeksi pajak. Sedang fiscus hanya bertugas member penerangan, pengwasan dan sebagai verifikator. Bapenda Padang menerapkan sistem pajak ini pada 9 jenis pajak selain dari pajak air tanah dan pajak mineral bukan logam dan batuan.

Untuk ... Baca halaman selanjutnya