Tingkatkan Pemahaman Nilai Pancasila Melalui Peringatan Hari Lahir Pancasila

" Dengan Pancasila, lndonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur di tengah kemajemukan"
Peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman depan Kantor Bupati Pasaman, Kamis 1 Juni 2017 (Istimewa)

PASAMAN, KLIKPOSITIF-Dandim 0305/Pasaman, Letkol, Arm, Cosmas Pramundhito mengatakan, kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini sedang mengalami tantangan. Selain itu, kebhinekaan saat ini juga sedang diuji.

“Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Masalah ini semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax alias kabar bohong,” kata Dandim saat menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Kantor Bupati Pasaman, Kamis 1 Juni 2017.

Dia mengatakan, bahwa yang harus diingat adalah bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Baik itu keberagaman etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan.

“Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal lka, kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri. Dengan Pancasila, lndonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur di tengah kemajemukan,” katanya.

Di samping itu, dia juga mengajak peran aktif seluruh lapisan masyarakat serta seluruh komponen untuk bersama-sama menjaga pancasila. Pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan.

Dia mengatakan, komitmen pemerintah untuk penguatan Pancasila sudah jelas dan sangat kuat. Berbagai upaya terus dilakukan.

“Telah dikeluarkannya Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja ... Baca halaman selanjutnya