Babinsa Siap Bantu Para Tani Olah Lahan Pertanian

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian, Kementerian Pertanian, Ir. Yanuardi saat masuk sawah untuk memberi contoh agar hasil tani lebih maksimal
Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian, Kementerian Pertanian, Ir. Yanuardi saat masuk sawah untuk memberi contoh agar hasil tani lebih maksimal (Istimewa)

PASAMAN, KLIKPOSITIF-Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian, Kementerian Pertanian, Ir. Yanuardi kunjungi pos percepatan Luas Tambah Tanam (LTT) di Jorong, Bahagia, Nagari Panti, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman, Jum’at 26 Mei 2017.

Kedatangannya ke pos percepatan bersama pihak dari Dinas Pertanian Provinsi Sumbar dan Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman itu, untuk menerangkan terkait  bagaimana meningkatkan LTT yang telah ditargetkan.

“Ya benar, pihak dari Kementerian Pertanian telah mengajarkan kepada Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Kelompok Tani terkait percepatan LTT yang telah ditargetkan, sehingga hasilnya nanti lebih maksimal lagi,” kata Dandim 0305/Pasaman, Letkol, Arm, Cosmas Pramundhito

Baca Juga

Dia mengatakan, pada saat ini, TNI turut serta untuk mengawal dan mendampingi peningkatan hasil produksi padi di wilayah masing-masing, sehingga nantinya produksi padi ini dapat meningkat setiap tahunnya.

Di samping itu, katanya, juga bertujuan untuk membebaskan bangsa Indonesia dari ancaman masalah pangan  yang saat ini merupakan salah satu masalah bagi Negara.

"Memang kita akui, secara strategis salah satu ancaman suatu negara adalah pangan, karena kekurangan bahan pangan terutama kebutuhan pokok, dapat mempengaruhi perekonomian negara itu sendiri," ujar Dandim.

Untuk itu, katanya, bagi kelompok tani yang mengelola masalah pangan di Kabupaten Pasaman ini mempunyai kendala terkait pertanian, agar segera berkoordinasi dengan pihak Kodim dan Pemkab setempat.

“Babinsa hadir di lapangan untuk membantu para kelompok tani. Jadi, jika ada kelompok tani terkendala dengan masalah pertanian, masyarakat bisa berkoordinasi dengan Babinsa, dan Babinsa juga bisa meminta petunjuk baik itu ke Kodim setempat maupun ke Pemkab Pasaman melalui instansi terkait,” katanya.

Di sisi lain, ia juga berharap kepada masyarakat Pasaman agar dapat memanfaatkan lahan yang ada untuk bidang pertanian.

[Riki Hendra]

Penulis: Webtorial