Validasi Piutang PBB-P2 Ditargetkan Selesai 2017

"Validasi piutang adalah pembuktian piutang PBB yang merupakan limpahan dari Komisi Pelayanan Pajak (KPP) Pratama tahun 2013 dengan nominal 136 Milyar dari tahun 1992-2012"
Ilustrasi (Jawa Pos)

PADANG, KLIKPOSITIF-Validasi piutang PBB-P2 tahap tiga yang dilakukan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Padang selesai disosialisasikan dan siap digarap oleh tim validasi piutang PBB-P2.

"Validasi piutang adalah pembuktian piutang PBB yang merupakan limpahan dari Komisi Pelayanan Pajak (KPP) Pratama tahun 2013 dengan nominal 136 Milyar dari tahun 1992-2012," ujar Kasubid Evaluasi dan Pengendalian, Wahyu Saufitra pada KLIKPOSITIF.

Ia menjelaskan, validasi piutang PBB-P2 ini dilakukan dengan tiga tahap oleh Bapenda Padang. Pada tahap pertama dilakukan di 2014, tahap dua dilakukan 2015 dan untuk tahap tiga dilakukan tahun 2017. Beda pelaksaan validasi tahap tiga dengan proses validasi yang sebelumnya adalah proses validasi sebelumnya melalui Kelurahan, sementara tahun ini dilakukan melalui Kelompok Kerja (Pokja).

Jumlah pajak daerah yang akan diverifikasi oleh tim validasi adalah 58 Milyar yang merupakan pajak PBB-P2 dari tahun 2008-2012, namun pada validasi tahap satu dan dua, proses verifikasinya telah diangsur. Lalu, untuk 2017 tinggal 22 Milyar yang akan divalidaso oleh Bapenda Padang melalui tim validasi piutang.

"Di Kota Padang, ada begitu banyak wajib pajak PBB-P2 dari 11 Kecamatan dengan 104 kelurahan, dengan rincian yakni 1,3 juta SPPT PBB-P2," kata Wahyu.

Tujuan dari Validasi ini, lanjutnya, adalah tersajinya data hasil piutang PBB-P2 2017 yang dapat dipergunakan oleh Bapenda Padang. Selain itu, agar tersusunnya data piutang limpahan dari KPP-Pratama untuk dilakukan proses penghapusan hutang PBB-P2 Kota Padang.

"Dalam proses validasi piutang, kami memiliki empat tim yang menjalankan proses validasi piutang PBB-P2, yakni tim validasi yang terdiri dari collector di tiap pokja, tim input data, tim verifikasi dari inspektorat dan tim kompilasi yang akan bertugas menggabungkan serta menyesuaikan data dari validasi piutang ini," tuturnya.

Wahyu melanjutkan, teknis pelaksanaan validasi ... Baca halaman selanjutnya