Bupati Pasaman Imbau Masyarakat Rutin Donor Darah

"pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan donor darah yang dilakukan masyarakat, sebab kegiatan ini merupakan kegiatan kemanusiaan sesuai dengan ajaran agama."
Bupati Yusuf Lubis dan Kapolres Pasaman saat melakukan donor darah (Istimewa)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengimbau seluruh lapisan masyarakat di daerah itu agar aktif melakukan donor darah.

Menurutnya, donor darah bagi pendonor sangat banyak manfaatnya. Di samping tubuh tetap sehat, juga dapat membantu meringankan beban orang lain yang membutuhkan darah tersebut.

"Masyarakat yang secara aktif mendonorkan darah pastinya akan mendapati jantung yang jauh lebih sehat. Konsistensi melakukan donor darah harus tetap dipertahankan, mengingat tubuh akan selalu merasakan manfaatnya,”‎ imbuhnya.

Dia mengatakan, pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan donor darah yang dilakukan masyarakat. Sebab, kegiatan ini merupakan kegiatan kemanusiaan sesuai dengan ajaran agama.

"Membantu sesama manusia itu merupakan salah satu ajaran agama kita. Jadi, besar manfaatnya bagi kita semua dalam melakukan donor darah ini," katanya.

Menurut Bupati, dalam kegiatan donor darah ini, satu tetes darah yang didonorkan akan bisa menyelamatkan hidup banyak orang yang sangat membutuhkannya.

"Melalui kegiatan donor darah juga terjadi simbiosis mutualisme saling menguntungkan antara masyarakat yang membutuhkan darah dengan pendonor untuk kesehatannya," ucapnya.

Diakuinya, pada saat ini, stok darah di rumah sakit sering mengalami kekurangan, sementara permintaan dari pasien sangat banyak.

"Donor darah yang dilakukan ini, setidaknya bisa mendapat tambahan darah, yang selama ini kerap mengalami keterbatasan pasokan. Semoga kedepannya, di Kabupaten Pasaman tidak kekurangan darah lagi dan masyarakat yang membutuhkan tidak harus menunggu untuk mendapatkan darah yang dibutuhkannya," ujarnya.

[Riki Hendra]