Program PKK Kota Solok Dinilai Tim Provinsi

"Kunjungan yang dipimpin lansung oleh Ketua TP-PKK Propinsi Hj. Nevy Irwan Prayitno ini, dalam rangka Penilaian PKK terbaik tingkat Sumatera Barat(Sumbar)."
Ketua Tim Penilai Ny. Nevy Irwan Prayitno bersama Wako Solok H. Zul Elfian dan Wakil Ketua TP-PKK Ny. Elfia Reinier usai pembukaan penilaian PKK Kota Solok (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Pelaksanaan 10 program pokok PKK yang selama ini dijalankan secara berkesinambungan oleh TP-PKK kota Solok mendapat kunjungan dari Tim Provinsi. Kunjungan yang dipimpin lansung oleh Ketua TP-PKK Propinsi Hj. Nevy Irwan Prayitno ini, dalam rangka Penilaian PKK terbaik tingkat Sumatera Barat(Sumbar).

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Sumbar mengatakan, penilaian kali ini agak berbeda. Selain meninjau secara lansung aplikasi pelaksanaan 10 program pokok PKK di tengah-tengah masyarakat, tim penilai sangat mengedepankan sisi administratif dari pelaksanaan program yang telah dilakukan.

"Administrasi merupakan tolok ukur dalam pelaksanaan program PKK. Sebagus apapun sebuah kegiatan program PKK dilaksanakan, namun kalau tidak didukung bukti otentiknya secara tertulis atau administratif, maka diragukan kebenarannya," jelas Nevy Irwan Prayitno di Aula pertemuan kantor lurah VI Suku, Kota Solok, Kamis 18 Mei 2017.

Menurutnya, ada sejumlah lomba yang juga menjadi penilaian Tim Provinsi kali ini. Mulai dari lomba Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT), tentang bagaimana peran PKK dalam menekan angka kekerasan dalam rumah tangga terutama bagi kalangan ibu dan anak. Kalau bisa, dengan penyuluhan yang dilakukan TP-PKK bisa menghapus potensi kekerasan dalam rumah tangga.

Selain itu, juga dilakukan penilaian lomba Usaha Peningkatan Perekonomian Keluarga (UP2K). Diharapkan dengan program UP2K kaum ibu mampu berinovasi dan berkreasi membantu perekonomian keluarga. Sebab melihat kondisi saat ini, terkadang seorang suami tertatih-tatih untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

"Kaum ibu juga harus mengambil peran dalam membantu ekonomi keluarga, banyak cara dan peluang yang bisa dimanfaatkan, namun dengan catatan tidak meninggalkan tanggungjawabnya sebagai seorang istri," jelas Nevy irwan Prayitno.

Salah satu upaya membantu perekonomian keluarga, juga bisa dilakukan dengan pemanfaatan ... Baca halaman selanjutnya