Bangun Masyarakat Cerdas Politik, Pemko Solok Gandeng Kesbangpol Provinsi

Wako Solok H. Zul Elfian menekankan pentingnya pendidikan politik bagi masyarakat
Wako Solok H. Zul Elfian menekankan pentingnya pendidikan politik bagi masyarakat (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Pendidikan politik bagi masyarakat di era reformasi saat ini menjadi salah satu bagian penting. Hal itu bertujuan agar masyarakat paham tentang hak, kewajiban serta tanggung jawab dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sebab masih banyak masyarakat yang apatis terhadap proses politik.

Masyarakat kebanyakan hanya mengira politik hanya sebatas Pesta Pemilihan kepala daerah dan pemilihan wakil mereka di kursi legislatif, padahal politik tidak hanya sampai disitu, namun memiliki cakupan luas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Politik bukan hanya sekedar isu dan wacana dalam pileg atau pilkada semata, namun mencakup negara dan tujuan negara serta kelembagaan negara yang akan menjalankan pencapaian tujuan bernegara," sebut Prof. Dr. Nusyirwan Effendi pada dialog politik bersama Pimpinan Partai Politik, Organisasi Masyarakat dan tokoh masyarakat Kota Solok di Aula SMKN 1 Kota Solok, Kamis 18 Mei 2017.

Baca Juga

Namun dalam prakteknya, penerapan politik yang tidak bijak dan jauh dari etika politik dalam mencapai kekuasaan, bisa memicu munculnya ancaman Intoleransi antar agama dan memunculkan pihak-pihak anti pancasila yang bisa berujung pada disintegrasi atau perpecahan bangsa dan negara.

"Merawat kemajemukan NKRI harus dimulai dari membangun integrasi atau kesatuan yang utuh atau bulat dari keluarga, Suku hingga lingkungan masyarakat, disinilah pentingnya pendidikan politik dan kebudayaan dibutuhkan dalam mewujudkan integrasi sosial," ujar Dekan Fisip Unand tersebut.

Menurutnya, masyarakat juga harus paham dengan perpolitikan dalam pemerintahan, sebab kemiskinan atau kesejahteraan merupakan produk kebijakan politik. Bagaimana jadinya kalau elit politik eksekutif dan legislatif sibuk bertarung berebut kekuasaan, sementara masyarakat menganga menunggu kebijakan politik pemerintah yang berpihak pada kepentingan masyarakat.

Kegiatan yang dipelopori oleh Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemko) Solok ini dihadiri lansung oleh Kepala Kesbangpol Sumbar, Nazwir, Wali Kota (Wako) Solok H. Zul Elfian serta diikuti puluhan tokoh partai politik Kota Solok, tokoh organisasi masyarakat dan tokoh masyarakat.

Wako Solok H. Zul Elfian, sangat mengapresiasi dialog politik bersama kalangan tokoh partai politik, tokoh organisasi masyarakat dan tokoh masyarakat Kota Solok dalam rangka membangun pendidikan politik bagi masyarakat kota beras tersebut secara luas.

"Kita menyadari pendidikan politik sangat perlu ditanamkan kepada masyarakat agar masyarakat lebih cerdas dalam menyikapi fenomena politik, baik nasional dan daerah yang berkembang akhir-akhir ini," sebut Zul Elfian usai pembukaan dialog tersebut.

Menurut Zul Elfian, jika masyarakat cerdas dalam berpolitik maka secara tidak lansung, masyarakat akan mampu memainkan peran politiknya dalam pembangunan daerah, bangsa dan negara yang pada ujungnya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Sebab, terang Zul Elfian, kebijakan politik baik nasional maupun daerah akan sangat berpengaruh pada berbagai sektor kehidupan masyarakat secara luas baik ekonomi, sosial, budaya dan lainnya.

"Kita harap Tokoh Partai politik, Ormas dan juga tokoh masyarakat Kota Solok bisa menjadi agen pendidikan politik positif bagi masyarakat secara luas," tutupnya.

[Syafriadi]

Editor: Webtorial