TP-PKK Padang Pariaman Imbau Semua Pihak Ikut Penuhi Hak Perempuan

"Berbagai fasilitas pelayanan umum dari instansi kesehatan maupun perkantoran diwajibkan untuk menyediakan ruang menyusui bagi ibu yang memiliki anak bayi"
Ketua TP-PKK Kabupaten Padang Pariaman, Rena Ali Mukhni saat meninjau fasilitas bagi Ibu hamil, Ibu menyusui bayi dan lansia di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman (Humas Kabupaten Padang Pariaman)

PADANG PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Padang Pariaman, Rena Ali Mukhni, mengimbau semua pihak termasuk unsur pemerintahan harus penuhi 'Hak Perempuan' untuk mendapatkan sarana yang layak dalam pelayanan publik. Ia menyampaikan hal tersebut saat melakukan kunjungan ke salah satu unit layanan publik yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman pada hari Selasa 25 April 2017 dalam rangka memaknai peringatan Hari Kartini.

Menurutnya, hal itu dilakukan salah satunya adalah dengan menjamin hak ibu menyusui terpenuhi. Oleh karena itu, pemerintah wajib memberikan dukungan dengan semua ASN khususnya bagi ibu yang memiliki bayi dengan memberikan waktu dan fasilitas yang layak bagi ibu untuk menyusui bayinya.

Berbagai fasilitas pelayanan umum dari instansi kesehatan maupun perkantoran diwajibkan untuk menyediakan ruang menyusui bagi ibu yang memiliki anak bayi, karena hal itu tertera sebagaimana yang ditetapkan dalam peraturan perundangan-undangan dalam Pasal 22 Undang-undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Dalam penjelasan yang tertera dalam pasal tersebut, disebutkan bahwa sarana dan prasarana itu salah satunya adalah ruang menyusui bagi ibu yang memiliki bayi.

Oleh sebab itu, pada kesempatan peringatan Hari Kartini tahun tersebut, sembari melakukan peninjauan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang mana telah menyediakan sarana ini bagi ibu menyusui, beliau mengimbau agar seluruh OPD dan perkantoran lainnya segera menyediakan sarana ini.

"Hal ini tampak seperti masalah kecil dan sepele, tapi nantinya akan memberi dampak yang besar terhadap pemenuhan hak perempuan dan anak termasuk dalam mendapatkan fasilitas harus kita ... Baca halaman selanjutnya