Peringati Hari Kartini, Bupati Lepas Peserta Pawai Alegoris

"Pawai yang digelar ribuan murid SD ini dalam rangka memperingati Hari Kartini."
Bupati Yusuf Lubis melepas peserta pawai alegoris (Istimewa)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Sedikitnya 1.500 murid Sekolah Dasar (SD) dari sembilan sekolah di Kecamatan Lubuk sikaping, Kabupaten Pasaman - Sumbar, mengikuti pawai alegoris dalam rangka memperingati Hari Kartini, Jum'at 21 April 2017.

Pawai alegoris yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Pasaman, dilepas langsung oleh Bupati Pasaman, Yusuf Lubis.

Pantauan di lapangan, para peserta pawai, melintasi rute jalan Jendral Sudirman sepanjang 1,5 KM, dan kembali berakhir di Halaman Kantor Bupati setempat.

"Pawai yang digelar ribuan murid SD ini dalam rangka memperingati Hari Kartini. Melalui kegiatan hari ini, kita mengajak seluruh pelajar untuk dapat membangun karakter mulia dan memperkokoh persatuan bangsa," kata Yusuf Lubis saat melepas peserta pawai.

Dia menerangkan, perjuangan RA Kartini itu harus dijadikan contoh. Cita-cita mulia beliau harus jadi pedoman bagi semua orang, khususnya kaum perempuan dan generasi muda bangsa ini.

Di samping itu, dia juga mengharapkan, kegiatan semacam ini harus terus dipertahankan, dan jika perlu di tahun mendatang, seluruh sekolah yang ada di Kecamatan Lubuk Sikaping ini harus turut serta memeriahkannya.

Dalam pawai alegoris itu, tampak ribuan pelajar mengenakan beragam pakaian, mulai dari pakaian adat dari berbagai suku di nusantara, pakai polisi, TNI, dokter, perawat, pakaian olah raga, dan lainnya.

Sementara itu, Panitia Pelaksana, Silfida Yenti menambahkan, dari 35 sekolah dasar di kecamatan Lubuk Sikaping, hanya sembilan sekolah yang ikut ambil bagian dalam memeriahkan pawai alegoris tersebut.

Adapun sembilan sekolah itu seperti SDN 05 ... Baca halaman selanjutnya