Yusuf Lubis Imbau Masyarakat Pasaman Lestarikan Kesenian Tradisional

"Kesenian tradisional ini harus terus dilestarikan keberadaannya"
Bupati Pasaman Yusuf Lubis saat memainkan Kesenian Tradisional Gordang Sembilan (Istimewa)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengimbau seluruh masyarakat Pasaman agar dapat melestarikan seluruh kesenian tradisional di daerahnya masing-masing.

Menurutnya, Kabupaten Pasaman adalah salah satu daerah di Sumbar yang memiliki beragam kesenian tradisional yang keberadaannya hingga kini masih tetap terjaga dengan baik.

"Di Kabupaten Pasaman, banyak kesenian tradisionalnya seperti Silat, Randai, Ronggeng, Lukah Gilo, Dikie Pano, Tari Tor-Tor, Gordang Sembilan serta beberapa kesenian lainnya," ujar Bupati Yusuf Lubis, Kamis 20 April 2017.

Seperti halnya kesenian tradisional Gordang Sembilan yang tepatnya berada di Nagari Koto Nopan dan Kecamatan Rao Utara, namun sampai saat ini kesenian tersebut terus terjaga walaupun di dunia serba modern saat ini.

"Kesenian tradisional ini harus terus dilestarikan keberadaannya. Jangan sampai hilang tergerus zaman, karena ini adalah warisan leluhur yang harus kita jaga bersama," kata Bupati.

Lebih lanjut ia mengatakan, kesenian Gordang Sembilan ini memiliki kekhususan karena hanya dapat dimainkan pada acara tertentu dengan skala besar, seperti acara perkawinan, perayaan serta menjamu tamu kehormatan.

"Kesenian ini sakral, dan harus dimainkan dengan penuh penghayatan, karena ada makna dari setiap pukulan gendangnya," katanya.

Di samping itu, dia juga meminta para Wali nagari agar dapat menjadi pioneer dalam mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai budaya serta kesenian tradisional di tengah-tengah masyarakat.

"Kesenian tradisional merupakan ikon dan aset bagi satu daerah. Oleh sebab itu, hal ini harus diperhatikan ... Baca halaman selanjutnya