Buka Perlombaan Bertema Religius, Ini Harapan Bupati Solsel

"Melalui kegiatan ini, hendaknya pemerintah daerah mampu menciptakan imam dan mubalig yang handal, sehingga dengan suara yang merdu mampu memanggil umat beragama Islam meramaikan masjid"
Salah seorang peserta yang tengah mengikuti Lomba Imam di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati, Kamis 20 April 2017 (Humas Kabupaten Solok Selatan)

SOLSEL, KLIKPOSITIF -- Bupati Solok Selatan (Solsel) H Muzni Zakaria membuka Lomba Imam, Mubalig dan Kasidah Rebana di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati, Kamis 20 April 2017.

Lomba Imam dan lomba Mubalig diikuti oleh 3 orang utusan dari masing-masing Kecamatan yang ada di Solsel, kecuali lomba kasidah rebana yang utusannya hanya satu grup kasidah dari masing-masing Kecamatan.

Turut hadir dalam pembukaan itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Fidel Efendi, Kepala OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Solsel, Kepala Kementerian Agama Solsel yang diwakili oleh Kasubag TU Mahadolok Ritonga serta staf di jajaran Kementerian Agama Solsel.

Bupati Solsel, H Muzni Zakaria mengatakan, untuk mewujudkan Solsel yang sejahtera dan agamais sesuai dengan visi dan misi pemerintah daerah, sebelumnya harus diiringi dengan pembangunan mental masyarakat yang berlandaskan Alquran dan Sunnah. Salah satu cara untuk mewujudkan target pemerintah daerah adalah dengan mengadakan lomba imam, mubalig dan kasidah rebana dengan harapan dapat meningkatkan kualitas dan semangat kehidupan beragama di Solsel.

"Melalui kegiatan ini, hendaknya pemerintah daerah mampu menciptakan imam dan mubalig yang handal, sehingga dengan suara yang merdu mampu memanggil umat beragama Islam meramaikan masjid," ungkapnya.

Menurutnya, dengan meramaikan masjid dan musala, nilai-nilai agama akan tumbuh dan berkembang tengah-tengah masyarakat secara tidak langsung. Demikian juga dengan kasidah rabana, melalui lantunan lagu islami, tentunya ada pesan pesan religi yang disampaikan di dalamnya.

[Sutan Yose]