Usai Pembekalan, PAI Khusus Kota Solok Siap Terjun ke Masyarakat

Pembekalan bagi 128 Penyuluh Agama Islam (PAI) khusus jelang diterjunkan ke masyarakat.
Pembekalan bagi 128 Penyuluh Agama Islam (PAI) khusus jelang diterjunkan ke masyarakat. (Istimewa)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Para mubalig yang berhasil lolos seleksi sebagai Penyuluh Agama Islam (PAI) khusus atau "Dokter Rohani" Kota Solok usai menjalani seleksi ketat pada Januari 2017 lalu, akhirnya diberi pembekalan lebih lanjut guna mempersiapkan diri jelang ditugaskan lansung ke tengah-tengah masyarakat.

Penyuluh agama islam khusus merupakan salah satu program unggulan keagamaan Kota Solok dalam rangka membangun sendi agama dalam lingkungan masyarakat Kota Solok yang berlandaskan adat basandi sara', Syara' Basandi Kitabullah. Syara' mangato adat mamakai.

Pada kesempatan itu, lansung dilakukan penyerahan Surat Keputusan (SK) kepada PAI yang dinyatakan lolos. Program tersebut merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Kota (Pemko) Solok dalam mensyiarkan syariat agama Islam di kota yang sudah dilekatkan dengan gelar Kota Beras Serambi Madinah ini.

Baca Juga

Wakil Wali Kota (Wawako) Solok Reinier, di sela pembukaan pembekalan mengungkapka,n tugas penyuluh agama Islam merupakan tugas yang mulia. Selain penguasaan terhadap ilmu agama islam yang mantap, juga dibutuhkan niat dan tekad yang kuat dalam membangun masyarakat yang religius dan berpedoman pada Alquran dan Hadits.

"Kita tentu tidak ingin agama semakin memudar di tengah kehidupan kita bersama. Apalagi di tengah derasnya pengaruh budaya asing yang notabenenya banyak yang tidak cocok dengan keyakinan dan budaya masyakat Kota Solok," ungkap Reinier,  Selasa 18 April 2017 di Masjid Agung Al-Muhsinin Kota Solok.

Menurutnya, program mulia ini tentu tidak akan berjalan maksimal jika tidak disokong oleh semua pihak. Reinier mengaku sangat mengapresiasi atas dukungan DPRD sebagai lembaga perwakilan masyarakat serta berbagai pihak yang peduli.

Sebenarnya, banyak pihak yang selama ini telah berkiprah menggerakkan dakwah di Kota Solok baik mubalig, Da'i, Ustadzah dan lainnya dan dengan adanya penyuluh agama Islam ini diharapkan akan lebih menguatkan Dakwah ditengah masyarakat.

"Bagaimanan kita bersama bergerak mengajak berbagai kalangan terutama kalangan generasi muda untuk membekali diri dengan pengetahuan agama sebagai tameng membendung berbagai fenomena kenakalan remaja yang tengah marak saat ini," Sebut Reinier.

Menurut Kabag Kesra Kota Solok, sebelumnya ada sebanyak lebih kurang 177 orang mubalig dan Dai yang ikut seleksi yang dipusatkan di Masjid Agung Al-Muhsinin dan Madrasah Ibtidaiyah Negri Kota Solok. Dari proses seleksi wawancara dan tertulis tersebut akhirnya terpilih sebanyak lebih kurang 128 orang.

"Usai diberi pembekalan dan penyerahan SK, PAI ini siap diterjunkan lansung ke tengah tengah masyarakat untuk memberikan bimbingan keagamaan. Misalnya ada masyarakat yang masih belum bisa baca Alquran maka akan dibimbing oleh penyuluh agama khusus ini serta terkait pengetahuan agama lainnya," cetus Happy Darmawan.

Kota Solok disebut-sebut menjadi satu-satunya Kota di Sumatera Barat yang mengalokasikan bantuan lansung dari APBD untuk honorarium penyuluh agama Islam khusus tersebut. Masih banyak program keagamaan lainnya yang masih terus digalakkan Pemko Solok seperti Safari Subuh dan lainnya.

Editor: Webtorial