Dandim 0305 Pasaman Bantu Optimalkan Bulog Penyerapan Gabah Petani

"Jadi itu adalah upaya kita dari Kodim dalam membantu pemerintah khususnya Bulog untuk melakukan penyerapan gabah petani"
Dandim 0305 Pasaman tengah berdiskusi terkait bulog penyerapan gabah petani saat meninjau pelaksanaan panen Kelompok Tani Toraja di Padang Gelugur, Pasaman (Istimewa)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Dandim 0305 Pasaman, Letkol Arm Cosmas Pramundhito meninjau pelaksanaan panen padi Kelompok Tani Seroja Jorong Seroja Kecamatan Padang Gelugur, Selasa, 21 Maret 2017.

Dandim juga ikut langsung turun ke sawah melakukan panen bersama masyarakat termasuk unsur pemerintah Kecamatan.

Luas lahan Kelompok Tani Seroja yang dipanen kali ini sekitar 1,5 hektar. Diperkirakan hasil panennya mencapai 5 hingga 5,5 ton dengan jenis padi ampari.

"Jadi itu adalah upaya kita dari Kodim dalam membantu pemerintah khususnya Bulog untuk melakukan penyerapan gabah petani dengan Kodim turun langsung ke lapangan" ujar Cosmas Pramundhito ketika ditanya KLIKPOSITIF, Selasa.

Untuk selanjutnya, petani melaksanakan panen kemudian berkoordinasi untuk menyerap gabah petani sesuai dengan HPP (Harga Pokok Pemerintah) yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

"Kita ke lapangan tidak sendirian namun ditemani unsur terkait yaitu PPL dimana mereka yang lebih tahu untuk tempat-tempat yang melaksanakan panen padi. Selain PPL dari Bulog juga ikut, dimana nantinya bila ada transaksi penyerapan gabah Bulog-lah yang mengeksekusi terkait pembayarannya" jelas Dandim.

Dengan turunnya ke tempat panen langsung, diharapkan Bulog dapat lebih optimal dalam melakukan penyerapan gabah dan disini peran Kodim Pasaman adalah melaksanakan pendampingan agar proses tersebut berjalan dengan lancar.

Selain Dandim 0305 Pasaman, ikut juga dalam peninajuan panen padi itu camat Padang Gelugur, Danramil, Paasiter Kodim 0305 Pasaman, PPL, penyuluh dan Ketua Kelompok Tani. (Khadijah)

[Man St Pambangun]