Persit Kodim 0305 Pasaman Adakan Penyuluhan Deteksi Dini Kanker Serviks

"Penyuluhan deteksi dini kanker serviks ini digelar dalam rangka memperingati HUT Persit Kartika Chandra Kirana tahun 2017"
Ibu-ibu Persit yang melaksanakan Penyuluhan Deteksi Dini Kanker Serviks (Istimewa)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Persatuan Istri Prajurit (Persit) Kartika Chandra Kirana Cabang LIX Dim 0305 Pasaman gelar penyuluhan deteksi dini kanker serviks, Senin 6 Maret 2017 di Aula Makodim setempat.

Menurut Komandan Kodim 0305 Pasaman, Letkol Arm, Cosmas Pramundhito mengatakan, penyuluhan deteksi dini kanker serviks ini digelar dalam rangka memperingati HUT Persit Kartika Chandra Kirana tahun 2017.

“Kita bekerjasama dengan pihak Dinas Kesehatan setempat. Selain melakukan penyuluhan deteksi dini kanker serviks juga melakukan pengecekan langsung terhadap ibu-ibu persit tersebut,” Kata Dandim saat dikonfirmasi KLIKPOSITIF, Senin.

Dia juga mengatakan,  tujuan digelarnya acara ini adalah untuk mencegah terjadinya kanker serviks terutama di kalangan ibu-ibu Persit di Kodim setempat yang mayoritas adalah ibu yang sudah lanjut usia.

 “Jadi untuk mengantisipasi terjadinya kanker serviks bagi ibu-ibu persit di Kodim 0305 Pasaman ini, makanya kami menggelar penyuluhan dan pengecekan langsung kanker serviks terhadap ibu-ibu,” katanya.

 Lebih lanjut dia mengatakan, dalam acara ini Kodim 0305 Pasaman menggelar acara tersebut di dua tempat berbeda, yakni di Pasaman bertempat di Pos Kesehatan Makodim dan Pasaman Barat bertempat di Koramil Simpang Empat.

“Dengan digelarnya acara ini, kita berharap ke depannya, kaum ibu-ibu semakin tahu akan bahaya kanker serviks tersebut dan dapat melakukan pencegahan dari dini. Divsamping itu juga dapat memberitahukan cara pencegahannya kepada ibu-ibu yang lainnya,” ucapnya. (Khadijah)

[Hendra]