Pelantikan Pengurus Baznas Solok, Walikota: Kemiskinan Dipangkas dengan Zakat

"Bagi setiap muslim, zakat merupakan pilar yang penting karena hal itu merupakan salah satu rukun islam"
Walikota Solok, Zul Elfian mengambil sumpah pengurus Baznas Solok yang baru. (Humas Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Kepengurusan baru Baznas Solok telah dilantik oleh Walikota Solok H. Zul Elfian. Dalam hal tersebut, banyak hal yang disampaikan oleh Walikota Solok berupa harapan dan target untuk pencapaian. Bagi setiap muslim, zakat merupakan pilar yang penting karena hal itu merupakan salah satu rukun islam.

“Di dalam harta yang diamanahkan, ada hak penerima zakat,” begitu yang diucapkan oleh Zul Elfian setelah pelantikan anggota pengurus Baznas Kota Solok.

Namun faktanya, masih banyak mereka yang mampu belum melaksanakan kewajiban mereka dalam membayar zakat tersebut. Padahal, jika hal itu terlaksana dengan baik, maka penyaluran zakat ini akan membantu dalam memangkas kemiskinan yang ada di Kota Solok.

Walikota Solok mengungkapkan masih ada sekitar 4 persen dari penduduk miskin yang ada di Kota Solok, namun dengan baiknya pembayaran zakat, maka masalah kemiskinan tersebut akan bisa diatasi.Saat ini belum seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengabdi di Kota Solok menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kota Solok.

"Mereka cendrung menyalurkan zakatnya secara sendiri-sendiri saja,” ungkap Zul Elfian di hadapan seluruh pejabat dan pengurus Baznas Kota Solok di Balairung 99 Rumah Dinas Walikota Solok, Laing.

Ditambahkan Walikota, penyaluran zakat mal (zakat harta) ASN akan disalurkan satu pintu melalui Baznas Solok bisa diterapkan. Saat ini, baru lebih kurang 20 persen zakat mal ASN yang tersalurkan melalui Baznas Kota Solok, sehingga zakat yang terkumpul bisa lebih terorganisir pengelolaan dan penyalurannya pada yang berhak.

Baznas Kota Solok periode 2017-2021 dipimpin oleh AKBP (Purn) Zaini sebagai Ketua, sementara Wakil Ketua Bidang Pengumpulan H. Syafruddin, Wakil Ketua Bidang ... Baca halaman selanjutnya