Sawah Solok Menuju Wisata Edukasi Pertanian, Budaya dan Minat Khusus

"Sawah Solok yang berada di belakang kantor Balaikota Solok ini tak hanya sekedar areal pertanian, tapi, menyimpan potensi wisata"
Destinasi Wisata Sawah Solok. (KLIKPOSITIF/Syafriadi)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Kota Solok adalah kota beras. Julukan ini sangat melekat kuat, seolah tak lekang oleh panas dan tak lapuk diterpa hujan. Bukan hanya digadang-gadang oleh masyarakat Solok saja, tapi sudah diakui secara Nasional. Sawah Solok yang berada di belakang kantor Balaikota Solok ini tak hanya sekedar areal pertanian, tapi, menyimpan potensi wisata.

Baru-baru ini, Pemko Solok mengencarkan "jualan" sisi wisata sawah Solok. Berbagai kegiatan diluncurkan guna bisa mendatangkan wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara. Pemko Solok juga sudah membuat tulisan raksasa 'Sawah Solok' yang berada di tengah-tengah sawah Solok.

Jalan menuju ke tulisan Sawah Solok.

Tulisan berwarna merah setinggi lebih kurang 4 meter ini tampak jelas dari depan Kantor Pengadilan Negeri Solok. Tulisan yang dibuat dari besi ini memanjang dari utara ke selatan sepanjang lebih kurang 25 meter dengan 8 tiang besi penyangga. Tulisan Sawah Solok yang terbuat dari plat besi ini sontak menarik perhatian masyarakat.

Adanya logo tersebut menarik masyarakat datang untuk melakukan swafoto. Tak hanya dari Solok saja, namun juga dari berbagai daerah di Sumatera Barat. Para pengunjung tersebut mengaku sengaja datang ke Sawah Solok karena tertarik dengan wisata Sawah Solok tersebut.

Salah seorang pengunjung yang ditemui Klikpositif, Trisna Novita yang berasal dari Sijunjung mengaku datang ke Solok hanya untuk berwisata bersama rekannya, salah satu lokasi yang dipilih adalah sawah Solok. Menurutnya, Sawah Solok memiliki lokasi yang sangat bagus dengan pemandangan yang indah di sekeliling.

"Wisata ini juga sekaligus memberi pengetahuan kepada kita tentang bagaimana susahnya para petani menggarap sawahnya hingga bisa dinikmati. Sawah Solok ini adalah penghasil beras Solok yang terkenal itu," ucapnya.

Menurutnya, ... Baca halaman selanjutnya